Menurut Anda, Seberapa besar sih penghasilan yang bisa diperoleh
sebuah blog? Dan apakah blog bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan
pundi-pundi uang? Pertanyaan semacam ini banyak diajukan oleh
orang-orang yang ingin mencari sumber penghasilan sebagai Blogger atau
sekedar ingin membenarkan diri bahwa menjadi Blogger itu tidak ada
gunanya.
Barangkali
jawaban pertanyaan ini justru kembali kepada Anda sendiri. Seberapa
besarkah penghasilan yang Anda inginkan dari aktivitas blogging? Anda
sendiri yang menentukan.
Yang pasti, dunia blogging sejatinya
menawarkan teramat banyak peluang. Sayangnya, terutama di Indonesia,
peluang ini belum banyak dimanfaatkan. Blog masih dianggap sebatas diary
online, atau paling hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat
personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan profesional, blogging
bisa sangat menguntungkan dan memberikan penghasilan dalam jumlah yang
bakal membuat mata siapapun yang melihatnya melotot keluar.
Contoh nyata dari Blogger2 yang sukses meraup keuntungan dari blognya antara lain:
1. TechCrunch.com
TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang
pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch
digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini
adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh
TechCrunch adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama
bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan
selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara
Rp.102.650.000!).
2. Mashable.com
Mashable
adalah blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology
consultant dari Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor
tetap. Blog dengan tag line “The Social Media Guide” ini membidik niche
social media sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini
telah menghasilkan uang $180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) setiap
bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.
3. PerezHilton.com
PerezHilton
adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh Mario
Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche
entertainment dan mengusung tag line “Celebrity Juice, Not from
Concentrate” ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara
Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan banner
4. Gothamist.com
Gothamist
adalah blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan dikelola
oleh Jake Dobkin, blog dengan tag line “New York City News, Food, Arts
and Events” ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Per
bulan, penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000 (atau
setara Rp.816.287.872!).
5. TimothySykes.com
Blog
ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Timothy
Sykes, seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika Serikat.
Dengan niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak mendapatkan
penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan. Setiap
bulannya, blog dengan tag line “Short Selling Penny Stocks” ini
setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).
6. VentureBeat.com
VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola
oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap
bulannya menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk
Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.
7. LifeHacker.com
LifeHacker
adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam kehidupan
sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog dengan tag
line “Tips and Downloads for Getting Things Done” ini menghasilkan
$60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan banner
.
8. TutsPlus.com
TutsPlus adalah blog unik yang berisi tentang berbagai tutorial dan
video tips-tips praktis. Dibuat oleh Collis Taeed dan diawaki oleh
sejumlah editor tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang
mengusung tag line “Mad Skills” ini menghasilkan $55,000 per bulannya
(atau setara Rp.564.575.000!). Sumber penghasilan utamanya adalah iklan
banner.
9. SmashingMagazine.com
Smashing
Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web designers
dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine memberikan
penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama dari iklan
banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer, pada tahun
2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama Sven Lennartz,
seorang web designer asal Jerman.
10. StevePavlina.com
Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi
oleh Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las
Vegas, Amerika Serikat. Blog dengan tag line “Personal Development for
Smart People” ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara
Rp.461.925.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan PPC dan JV (Joint Venture).
Sumber Artikel Dari :
http://duniainfo100.blogspot.com/2012/12/10-blog-dengan-penghasilan-tertinggi-di.html#ixzz2M4DkkMnE
Menurut Anda, Seberapa besar sih penghasilan yang bisa diperoleh
sebuah blog? Dan apakah blog bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan
pundi-pundi uang? Pertanyaan semacam ini banyak diajukan oleh
orang-orang yang ingin mencari sumber penghasilan sebagai Blogger atau
sekedar ingin membenarkan diri bahwa menjadi Blogger itu tidak ada
gunanya.
Barangkali
jawaban pertanyaan ini justru kembali kepada Anda sendiri. Seberapa
besarkah penghasilan yang Anda inginkan dari aktivitas blogging? Anda
sendiri yang menentukan.
Yang pasti, dunia blogging sejatinya
menawarkan teramat banyak peluang. Sayangnya, terutama di Indonesia,
peluang ini belum banyak dimanfaatkan. Blog masih dianggap sebatas diary
online, atau paling hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat
personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan profesional, blogging
bisa sangat menguntungkan dan memberikan penghasilan dalam jumlah yang
bakal membuat mata siapapun yang melihatnya melotot keluar.
Contoh nyata dari Blogger2 yang sukses meraup keuntungan dari blognya antara lain:
1. TechCrunch.com
TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang
pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch
digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini
adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh
TechCrunch adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama
bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan
selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara
Rp.102.650.000!).
2. Mashable.com
Mashable
adalah blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology
consultant dari Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor
tetap. Blog dengan tag line “The Social Media Guide” ini membidik niche
social media sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini
telah menghasilkan uang $180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) setiap
bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.
3. PerezHilton.com
PerezHilton
adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh Mario
Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche
entertainment dan mengusung tag line “Celebrity Juice, Not from
Concentrate” ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara
Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan banner
4. Gothamist.com
Gothamist
adalah blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan dikelola
oleh Jake Dobkin, blog dengan tag line “New York City News, Food, Arts
and Events” ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Per
bulan, penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000 (atau
setara Rp.816.287.872!).
5. TimothySykes.com
Blog
ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Timothy
Sykes, seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika Serikat.
Dengan niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak mendapatkan
penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan. Setiap
bulannya, blog dengan tag line “Short Selling Penny Stocks” ini
setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).
6. VentureBeat.com
VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola
oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap
bulannya menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk
Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.
7. LifeHacker.com
LifeHacker
adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam kehidupan
sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog dengan tag
line “Tips and Downloads for Getting Things Done” ini menghasilkan
$60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan banner
.
8. TutsPlus.com
TutsPlus adalah blog unik yang berisi tentang berbagai tutorial dan
video tips-tips praktis. Dibuat oleh Collis Taeed dan diawaki oleh
sejumlah editor tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang
mengusung tag line “Mad Skills” ini menghasilkan $55,000 per bulannya
(atau setara Rp.564.575.000!). Sumber penghasilan utamanya adalah iklan
banner.
9. SmashingMagazine.com
Smashing
Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web designers
dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine memberikan
penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama dari iklan
banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer, pada tahun
2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama Sven Lennartz,
seorang web designer asal Jerman.
10. StevePavlina.com
Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi
oleh Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las
Vegas, Amerika Serikat. Blog dengan tag line “Personal Development for
Smart People” ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara
Rp.461.925.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal
dari iklan PPC dan JV (Joint Venture).
0 komentar:
Posting Komentar